W88 Link : Ryan Gravenberch, Wonderkid Redup yang Dibangkitkan Arne Slot

Sesuai dengan laporan langsung W88 Link, Liverpool baru saja menelan kekalahan perdananya atas Nottingham Forest kemarin. Kekalahan ini sekaligus menjadi yang perdana sejak era transisi Jurgen Klopp ke Arne Slot dimulai. 

Banyak fans Liverpool di sosial media yang merasa frustasi dengan hasil atas Forest tersebut. Maklum, Liverpool mendominasi Forest sejak menit awal namun harus kebobolan gol pada 20 menit akhir pertandingan.

Namun kebanyakan dari mereka juga menyadari jika ada hal positif dibalik kekalahan yang dialami tim kesayangannya yaitu performa Ryan Gravenberch.Sejak awal musim ini Gravenberch memang mampu tampil konsisten sebagai gelandang no. 6 bersama Liverpool. 

Secara statistik individu, Gravenberch unggul dalam banyak aspek pertahanan Liverpool. Sama persis dengan statistik yang dikeluarkan oleh ESPN seperti yang ada di bawah ini : 

Bersama  Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai, Gravenberch mampu membangun lini tengah yang kokoh. Posisi Gravenberch memang menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi skema Arne Slot. Tak heran The Reds, ngotot mendatangkan Martin Zubimendi di bursa transfer kemarin. 

W88 Link : Gravenberch Wonderkid yang Sanggup Kalahkan Clarence Seedorf

Jalan hidup Gravenberch sebenarnya berjalan mulus. Dia adalah produk akademi Ajax Amsterdam dan sudah menonjol ketika bersama Jong Ajax. Prestasi tersebut lantas membuat Gravenberch digadang-gadang sebagai salah satu bintang muda sepakbola Belanda. 

Dengan postur setinggi 190 cm, Gravenberch kuat dalam bola udara. Meski posturnya besar tak lantas membuatnya kekurangan kemampuan teknis. Gravenberch memiliki passing, dribbling serta visi yang baik sebagai senjata pada posisi gelandang.  

Tidak heran jika dirinya kerap disandingkan dengan bintang Prancis, Paul Pogba. Keduanya dianggap memiliki karakteristik fisik dan gaya bermain sama. Gravenberch memang secemerlang itu di masa usia belasan tahunnya. 

Pada tahun 2018, dia juga menjadi debutan Eredivisie termuda Ajax, mengalahkan rekor milik legenda Clarence Seedorf dengan lebih dari 100 hari sebagai pemain berusia 16 tahun. Dua tahun berselang dia sudah dipercaya sebagai pemain starter oleh Erik Ten Hag. 

Pada musim-musim berikutnya, ia membantu tim Erik ten Hag meraih gelar liga berturut-turut pada tahun 2021 dan 2022, mencetak gol di Liga Champions dan mengikuti Frenkie de Jong, Christian Eriksen, dan Matthijs de Ligt dengan memenangkan Johan Cruyff Trophy, sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik U-21 di Belanda.

W88 Link : Meredup Saat Bergabung Dengan Bayern Munchen

 

Bakat luar biasa Gravenberch akhirnya menarik atensi Bayern Munchen yang tertarik untuk memboyong sang remaja ke Jerman. Gravenberch tak berpikir panjang untuk menerima tawaran The Bavarian dan berharap bisa memenangkan banyak gelar. 

Sayang, harapan Gravenberch tak menjadi kenyataan. Dia jarang dapat menit bermain dan kesulitan untuk bersaing dengan pemain berpengalaman macam Joshua Kimmich atau Leon Goretzka. Hal ini menjadi langkah mundur bagi Gravenberch yang sebagai pemain muda butuh menit bermain di level tertinggi. 

Tak berselang lama, Gravenberch memutuskan untuk hijrah ke Anfield bersama Liverpool. Namun cerita sama terulang kembali karena di Liverpool Gravenberch harus bersaing dengan Wataru Endo. Dia kembali jarang dapat menit bermain dan bahkan sempat mempertimbangkan untuk hijrah. 

W88 Link : Gravenberch Dibangkitkan Oleh Arne Slot

Beruntung bagi Gravenberch karena pada musim panas ini, Liverpool dilatih oleh Arne Slot. Sosok pelatih yang memberikan kepercayaan diri kepada Gravenberch. Hal ini terlihat dari beberapa komentar Slot kepada Gravenberch. 

Apalagi, Arne Slot dikenal sebagai pelatih yang gemar mengadakan sesi one on one dengan pemain, termasuk Gravenberch. Tujuannya tentu saja meningkatkan kualitas individu para pemain. Barangkali inilah kunci utama meledaknya performa Gravenberch musim ini di bawah asuhan Arne Slot. 

Pertanyaannya kini, mampukah Gravenberch konsisten mempertahankan level permainannya sekaligus membantu Liverpool menumbangkan dominasi Manchester City? Mari kita ikuti perjalanannya bersama W88 Link!